Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

MOTOR JADUL

Motor Keren Jaman Dulu, Zaman tahun 80-an :D

Jalan jalan di Mr.Google soal motor yang populer di tahun 80-an apa yoo? eh ga ada dink, yang ada di tahun 80-an mobil yang keren apa aja hehehe. Film kartun populer apa aja. Ya udah nih konohawarrior kasi tw hehe.

Sebenarnya data ini ga akurat akurat amat, cuma mengambil kesimpulan dari blog-blog dan cerita sesepuh konohagakure hehe. Apa saja motor yang populer pada tahun 1980-an. Nah karena kurangnya pengalaman dan ngeluarin posting pake bondo nekat makanya kalau ada bro bro yang lebih jago soal motor, kasi koreksi :D

Yamaha RX-Series

Yamaha RX-King (yang baru kalau yang ini hehehe(

ah motor ini lagi, ya udah lagi gpp hahaha. Yamaha RX-Series yang paling terkenal adalah RX-King dan diikuti versi adiknya RX-King yaitu RX Special dan RX115. Karena RX King sudah saya bahas khusus pas dulu dulu maka saya mau cerita soal RX Special dan RX115. Kedua motor ini pake sistem 2 tak dan mesinnya 115cc. RX Special katanya cukup laku di Suroboyo dan sempat mengalahkan penjualannya RX-King. Ciri ciri dari Yamaha RX adalah modelnya yang maskulin dan tenaganya yang gila gilaan. Ya di Indo sih gila gilaan, walaupun masih banyak yang lebih gila tapi kan cuma Yamaha RX yang harganya friendly :D
spek Yamaha RX King adalah :

Tipe Mesin : 2 Langkah, Air Cooled
Diameter x Langkah : 58,0 x 50,0 mm
Volume Silinder : 132 cc
Perbandingan Kompresi : 6,9 : 1
Kopling : Manual, Basah, Multiplat
Susunan Silinder : Satu/Miring
Gigi Transmisi : 5 Kecepatan
Pola Pengoperasian Gigi : 1-N-2-3-4-5
Karburator : VM 26 x 1 MIKUNI
Kapasitas Oli Samping : 1 Liter
Baterai : GM 3-3B/12,3
Busi : BP 8HS-10
Sistem Pengapian : CDI
Sistem Pelumas : Autolube
(spek copas dari : http://yrki.forumotion.com/t5-spesifikasi-yamaha-rx-king)

Honda GL Series
Saingan Yamaha RX Series. Kalau mbandingin GL Max dan RX King rasanya kalau jaman sekarang mbandingin Supra X 125 vs Jupiter MX 135 heehehe. Ya itu analisa ngawurnya. GL Max adalah motor 4 tak dengan suara yang agak 2 tak, tapi larinya sih mantap buat ukuran jalanan masa itu. Tenaga motor ini berada diatasnya Honda Supra X 125 tapi masih kalah kenceng ama Honda CS 1. versi saingan dari Yamaha RX Special adalah Honda GL 100 yang kalau dilihat lihat masih saudara tua-nya GL Max hehehe

Kembaran Honda GL Max adalah Honda GL Pro, yup motor ini kembar identik kek upin dan ipin. Bedanya apa? emmm selain tulisan GL Max dan GL PRo di body samping konohawarrior ga tau, mungki pengunjung blog ada yang tw hehehe.

GL Pro - dari Offroadvietnam.com


Kawasaki AR 125

dikenal sebagai kong co nya para Kawasaki Ninja di Indonesia (baca yang ini donk hehehe). Sebetulnya kalau mau jujur inilah motor paling kencang di Indonesia, serta teknologinya paling ciamik pada masa itu (tahun 1980-an). Kelas motor ini adalah....Light Sports Bike dan merupakan Light Sports bike satu satunya yang dimasukin seluruh ATPM pada masa itu (pertama pake velg racing) . Kasiannya motor ni akhirnya terpaksa bersaing dengan motor City Cruiser atau Stock bike seperti RX King dan GL Max diatas. Kasiannya dobel 3 lhoo, harganya mahal jadi penjualanya ga kenceng, dan ATPM Kawasaki 80-an (PT.BIntang TErang) tutup pas tahun 1986 dan membuat AR125 menghilang dari peredaran. Jarang banget nemuin motor ini dalam kondisi jelek atau bagus, ya soalnya itu sparepartsnya langka. Tapi kalau nemuin AR 125 dalam kondisi 90persen ori, wahh ditukarin Ducati saya rasa ownernya belum tentu mau, bukan soal uang pastinya tapi soal CINTA wkwkwk (ngomong apa saya ini ckckck)
O ya spek motor ini adalah :

Tipe Mesin : 2 tak
Mesin : 125cc pake radiator
Kompresi Ratio : 6.5:1 (horee premium ready :D)
Power : 22Hp @9500rpm
Velg : Enkei
Model body : pokoknya ada fairingnya
Transmisi : 6 speed
Rem : Depan Cakram belakang tromol (biasa biasa hehehe)
Knalpot Racing udah jadi standar - tuh kan nih motor memang melebihi zamannya hehehe.

Kawasaki Binter Merzi
Nah ini adalah saudara sepupu Kawasaki AR125 diatas, Kawasaki Binter Merzi penjualannya cukup laku dan menempatkan nya sebagai motor yang cukup legendaris pada masa kini. Kenapa motor ini laku? mungkin karena dianggap motor touring pengganti Honda CB200 yang masuk di sini tahun 1970-an kali hehehe. Sama seperti saudaranya yaitu AR 125, Binter Merzy terpaksa tutup produksi pas tahun 1986 ATPM-nya tutup. Padhal kalau ga tutup Bintang Terang mau keluarin Binter Merzy 250cc lhoo

Kawasaki Binter Merzy


Honda Astrea Series
Ini dia motor yang dinamai motor 10 juta umat. Gimana ga, sejak Astrea Super 700 lahir tahun 1980 sampai terakhir Astrea Supra X diproduksi sampai 2005 motor motor seri Astrea laris manis dan harga jualnya super Tinggi hehehe. Kelebihan Honda Astrea adalah dia bebek yang irit pada masanya. YUp memang mesin 4 tak irit kok, pabrikan lain kan masi sibuk otak atik mesin 2 tak tapi Honda tetap setia pada mesin 4 taknya. Selain itu karena masih menggunakan mesin C Series maka Honda Astrea ini memiliki karakteristik khusus yaitu : Semakin panas mesin, semakin Mantap tarikannya. Kekurangangannya satu, pengemudi Honda Astrea kudu sabar kalau diblayer motor saingan ATPM lain seperti bebek Yamaha atau Suzuki yang udah 2 tak hehehe. Semuanya lambat, ah ga juga, Honda Prima itu cepet kok, kalau masih baru konon TOp SPeednya tembus 120kph (Yamaha Alfa kalah nih???) dan jadi bebek paling legendaris sekarang hehehe.

Honda Astrea Prima - sang legenda hehehe


Honda Astrea pas tahun 80-an adalah (sepenglihatan Konohawarrior hehehe) adalah :
Honda Astrea 700 Super
Honda Astrea 800
Honda Astrea Star 80cc
Honda Astrea Prima 100 cc (80-an akhir)

Yamaha V80-Yamaha Alfa
Yamaha V80 aslinya adalah kelanjutan dari Yamaha V80 yang keluar pas tahun 70-an bedanya yang tahun 80-an sudah pake CDI. Yamaha V80 ini disebut juga Yamaha Robot (bener ga ya hehehe). V80 Robot terus dibuat sampai tahun 1986 kemudian dengan damai digantikan oleh Yamaha Alfa Q2R (kalau ga salah nulis hahaha) - yang merupakan nenek moyangnya Yamaha Force One ZR (F1Z-R)

Suzuki FR80
Suzuki FR80 adalah motor bebek yang jadi saingannya Honda Astrea maupun Yamaha V80. Ga bisa cerita banyak juga sih soal motor ini soalnya jumlahnya sudah jarang banget ditemui di jalanan T.T tapi dari namanya (dan pabrikannya) kelihatanya motor ini bermesin 80cc dan sistem mesinnya 2 tak

Suzuki RC-100 dan RC-100 sprinter
Ini dia motor yang ada di kos kosannya temen hehehe. Gtw punyanya sapa ya RC 100 kuning itu tapi motor 4 tak ini targetnya adalah menjegal Yamaha Alfa 100. Nah kalau RC-100 Sprinter adalah motor penyempurnaan dari RC 100. RC 100 Sprinter adalah bebek ayam jago yang diakui di Indonesia dan konon merupakan kong co nya Satria FU. Mesin RC-100 Sprinter adalah 2 tak 99,6cc, dan seperti biasa pake Jet Cooled System-nya Suzuki. Tenaganya besar, 9,5Hp (bayangin Supra X 125 karburator aja 9,7Hp) pada 6500rpm. Dengan bobot 81kg doank, motor ini bisa ngebut sampai 110km/jam. Ya lumayan insane lah buat motor bebek pada masa itu hehehe.

Emm, ya udahlah gini aja postingnya hehehe
Sory kalau gambarnya kurang lengkap hehehe

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

Harris st. mengatakan...

keren gan postingannya ...

Dwi mengatakan...

Cukup bagus

Anonim mengatakan...

GL-MAX mesin 125cc
GL-PR0 mesin 145ccC
GL-PRO Neotech/Megapro 'primus' mesin 160cc

Posting Komentar